CB Blogger

Ramadhan Bulan Mulia

Ramadhan Bulan Mulia. Pengertian Ramadan Karim.

Ramadhan Bulan Mulia

Ramadhan adalah bulan mulia, bulan penuh kemuliaan (syahrul karomah) atau Ramadhan Karim. Ramadan disebut bulan mulia karena alasan berikut ini.

1. Bulan Diwajibkannya puasa (QS 2:183)

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"

2. Bulan Diturunkannya Al-Quran (QS 2:185)

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

3. Bulan penuh berkah 

"Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).

"Apabila bulan Ramadhan telah datang, pintu syurga dibuka, pintu-pintu neraka di tutup, dan syetan-syetan dibelenggu” (HR Bukhari-Muslim).

4. Bulan Ampunan 

من صام رمضان إيماناً واحتساباً غُفر له ما تقدم من ذنبه

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu “ (HR Bukhari dan Muslim )

رغم أنف رجل دخل عليه رمضان ثم انسلخ قبل أن يغفر له

“Celakalah seseorang, ia memasuki bulan Ramadhan kemudian melaluinya sedangkan dosanya belum diampuni “ (HR Tirmidzi dan Ahmad).*

Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq

Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq Griya Cempaka Arum Kota Bandung