Oded Ingatkan Masjid di Kota Bandung Taati Protokol Kesehatan

Oded Ingatkan Masjid di Kota Bandung Taati Protokol Kesehatan

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengingatkan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan jemaah masjid di Kota Bandung untuk tetap menaati protokol kesehatan Covid-19.

Oded yang juga Ketua Umum Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Bandung mengatakan, jemaah masjid wajib menggunakan masker, mencuci tangan, dan tetap menjaga jarak. Hal itu guna menghindari penularan Virus Corona.

Ia melihat pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal di rumah ibadah di Kota Bandung sudah cukup bagus. Penerapanya sesuai Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 37 Tahun 2020 tentang AKB dalam rangka pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Ia melihat kepatuhan paling mendasar terhadap Perwal 37 tersebut dapat dilihat dari penerapan daya tampung jemaah. Saat ini, tempat ibadah hanya diperbolehkan menggunakan 50 persen dari kapasitasnya.

“Berdasarkan informasi laporan dari kewilayahan, MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan masyarakat, ketika melaksanakan ibadah Jumat sudah cukup bagus. Di sini melaksanakan ketaatan atau social distancing juga bagus,” katanya saat mengunjungi Masjid Miftahul Khoer, Jalan Bima, Kota Bandung, Jumat, 17 Juli 2020.

Hal yang penting untuk selalu dijaga, menurut Oded, adalah, penggunaan masker saat melaksanakan ibadah. Saat ini, lanjutnya, pemakaian masker menjadi upaya terbaik untuk menekan penyebaran virus corona.

Ia mengaku sudah meminta seluruh perangkat GTTP Covid-19 Kota Bandung untuk terus menyosialisasikan pentingnya penggunaan masker.

Jika ada masyarakat yang membandel, Perwal 37 memberikan sanksi sosial bagi yang tidak bermasker.

“Sampai hari ini yang saya lihat yang paling rentan itu kalau tidak bermasker. Selama mengenakan masker, masyarakat berarti sudah ikut berkontribusi memitigasi penyebaran Covid-19 ini,” terangnya dikutip laman resmi Humas Kota Bandung.

Oded mengingatkan jangan sampai masjid atau tempat ibadah menciptakan klaster penyebaran baru corona. Masyarakat harus tetap disiplin menerapkan standar protokol kesehatan.

“Saya mengimbau kepada jemaah agar taat aturan. Kalau taat aturan insyaallah covid-19 bisa selesai,” katanya. (Pilar Times)

Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq

Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq Griya Cempaka Arum Kota Bandung